Pada saat ini sendiri membuka usaha seperti kafe adalah hal yang sangat menjanjikan, terlebih jika Anda ingin menargetkan pada anak muda yang hobi nongkrong, di mana mereka bisa mengambil foto untuk diposting pada media sosial mereka masing-masing. Tentu saja hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat bagus. Namun, dalam membangun usaha kafe ini, konsep desain dengan tema tertentu menjadi hal yang perlu dipikirkan.

Salah satu tema kafe yang pada saat ini sedang trend adalah tema Go Green. Apa itu Go Green? Go Green adalah sebuah gerakan mengurangi penggunaan barang-barang yang terbuat dari plastik. Di mana dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang tidak memakan waktu lama untuk bisa terurai. Nah, untuk membuat sebuah kafe dengan tema ini Anda memerlukan jasa kontraktor yang handal. Di mana sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum membuat sebuah kafe dengan desain tema Go Green ini.

Hal Penting Yang Perlu Diketahui Ketika Ingin Membuka Desain Kafe Tema Go Green

Dengan tema Go Green yang berarti ramah lingkungan, tentu saja Anda harus dapat mengetahui beberapa hal penting agar konsep desain kafe dapat terealisasikan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin membuat kafe dengan desain tema Go Green :

1. Tanaman pada kafe

Go Green tentu saja berhubungan dengan masalah udara, di mana Anda perlu memperhatikan ketersediaan tanaman atau pohon dalam kafe. Dengan adanya tanaman yang diletakan di beberapa sudut tempat, tentu saja kafe akan sangat terasa sekali keramahannya terhadap lingkungan. Dengan adanya tanaman yang pada kafe, maka akan membuat kafe menjadi lebih sejuk tanpa menggunakan air conditioner atau kipas. Tidak hanya itu saja, kafe juga akan terlihat sangat indah dengan adanya warna hijau alami yang datang dari daun pada tanaman atau pohon. Untuk dapat mendesain dengan tepat, ada baiknya Anda menggunakan jasa kontraktor.

2. Penggunaan lampu hemat listrik

Listrik merupakan sumber daya yang juga perlu diperhatikan, di mana dengan menggunakan lampu hemat listrik merupakan cara yang tepat ketika mengusung tema Go Green pada sebuah kafe. Berikan lampu-lampu yang sekiranya tidak menggunakan listirk yang begitu besar. Anda dapat menggunakan lampu yang memang sudah mempunyai teknologi hemat listrik namun masih terlihat terang. Anda bisa juga menggunakan beberapa lampu hias yang juga memakan daya listrik rendah. Gunakan jasa kontraktor terpercaya dalam pemasangan lampu ini.

3. Menghindari alat makan sekali pakai

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan alat makan. Ada beberapa restoran atau kafe yang menyediakan tempat makan, minum hingga sendok dan garpu yang terbuat dari plastik. Tentu saja, jika Anda ingin mengusung desain kafe dengan tema Go Green, penggunaan alat makan dari plastik ini sebaiknya dihindari. Pakailah alat makan sekali pakai yang lebih ramah lingkungan atau menggunakan piring dan gelas serta sendok garpu yang bisa dicuci. Jika ada pelanggan yang ingin take out menu, gunakan alat makan yang ramah terhadap lingkungan.

4. Dekorasi dari barang bekas

Tidak ada salahnya Anda menggunakan dekorasi untuk kafe dari barang bekas yang diperbaharui. Di mana dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang, tentu saja desain kafe dengan tema Go Green ini dapat terlihat dengan jelas. Anda dapat menggunaan kursi dari ban bekas ataupun menggunakan palet kayu bekas sebagai mejanya. Selain ramah lingkungan, kesan unik pun akan terlihat.

Baca juga : Cara Menciptakan Desain Rumah Klasik Sesuai Keinginan Sebelum Membangun Rumah Impian

Itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membuat desain kafe dengan tema Go Green. Jika Anda ingin mendapatkan kafe dengan desain ini yang sempurna, ada baiknya menggunakan jasa kontraktor terpercaya dan juga sudah berpengalaman.