Memiliki rumah idaman adalah impian bagi semua orang. Setiap orang tentu menginginkan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Belakangan ini konsep go green pada rumah minimalis menjadi salah satu desain populer yang sering digunakan oleh orang-orang khususnya bagi para pecinta lingkungan. Konsep go green yang dimaksud adalah rumah yang memiliki fungsi tertentu terhadap lingkungan. Ide membuat rumah dengan konsep ini dapat diaplikasikan oleh kita melalui jasa kontraktor bangunan dengan desain yang kita inginkan.

Lihat Yuk Tips Membuat Rumah Dengan Konsep Go Green!

Keberadaan area hijau seperti taman rumah dan lainnya bukan merupakan satu-satunya faktor suatu rumah dikatakan go green. Oleh karena itu, yukk kita intip tips apa saja sih yang bisa kita terapkan untuk membangun rumah dengan konsep go green. Sebelumnya, pastikan bahwa tips-tips di bawah ini akan memberikanmu referensi sebelum membuat rumah dengan konsep tersebut.

1. Jendela yang Besar

Inilah Tips Membangun Rumah Go Green yang Wajib Kamu Tahu!

Jendela merupakan salah satu komponen penting dalam membuat sebuah hunian. Jendela merupakan tempat keluar masuknya udara dan cahaya matahari. Apabila sebuah rumah tidak bisa dimasuki oleh cahaya maka rumah tersebut akan menjadi lembab dan banyak ditumbuhi oleh jamur. Untuk itu, dalam penerapan konsep go green atau rumah yang ramah lingkungan, diperlukan jendela yang lebar untuk memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Hal itu karena bagaimana pun manusia tetap membutuhkan cahaya matahari.

2. Ventilasi Udara

Contoh ruangan tanpa cross ventilation dan dengan cross ventilation

Rasanya kurang lengkap apabila sebuah rumah dengan jendela tapi tidak memiliki ventilasi. Lubang ventilasi di atas jendela atau pintu sangat penting untuk jalan keluar masuknya udara ke dalam rumah. Rumah yang sedikit bahkan tidak memiliki ventilasi akan terasa lebih pengap. Akan sangat baik bila ventilasi pada rumah dibuat bersebrangan atau memiliki istilah populer bernama cross ventilation. Ventilasi ini akan membuat udara menjadi lebih sehat.

Baca juga : Bangun Rumah Modern? Ssst! Jangan Lupakan Tips Ini

3. Ketinggian Antara Lantai dengan Atap

Hasil gambar untuk ketinggian ruangan

Ketinggian yang dimaksud disini adalah ketinggian ruangan. Jarak antara lantai dengan plafon atap yang tinggi akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas. Selain itu, udara pada ruangan ini akan terasa sejuk dan tidak pengap. Temperature pada ruangan yang tinggi akan lebih baik dan tidak membuat gerah. Rumah pun akan terlihat lebih besar walaupun dibangun pada lahan yang kecil sekali pun.

4. Pemilihan Material Dinding

Hasil gambar untuk dinding bATA

Pemilihan material pada dinding perlu diperhatikan untuk menciptakan konsep rumah go green. Material seperti bata merah dinilai lebih ramah lingkungan dan lebih baik dibanding material lain. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan bata merah lebih dapat tahan terhadap panas matahari sehingga dinding akan terasa lebih sejuk. Selain itu, bata juga dikatakan lebih sesuai untuk konsep rumah hijau dan mengandung nilai ke khasan tersendiri.

5. Area Hijau

Hasil gambar untuk taman dalam rumah

Bukan Go green namanya jika suatu bangunan tidak memiliki area hijau yang dapat memberikan manfaat khusus bagi penghuninya. Yap. penyediaan area hijau seperti taman rumah outdoor maupun taman rumah indoor akan memberikan manfaat khusus bagi penghuninya. Vegetasi yang ditanam pada area ini akan memberikan supply oksigen yang baik. Selain itu, taman indoor yang ditambahkan water feature akan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan dapat menenangkan pikiran serta menghilangkan stres. Hal ini sangat baik bagi para pecinta tanaman hias.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat dicoba oleh anda yang ingin memiliki rumah dengan konsep go green. Pastikan bahwa konsep go green bukan semata-mata merupakan rumah yang berwarna hijau, melainkan desain yang dibuat menyesuaikan kondisi yang ramah lingkungan. Bagi anda yang ingin menerapkan konsep itu pada hunian anda. Anda bisa menghubungi jasa atau agen kontraktor bangunan agar rumah impian anda dapat terealisasikan dengan baik.