Cara Menciptakan Desain Rumah Klasik Sesuai Keinginan Sebelum Membangun Rumah Impian

Jenis rumah klasik sampai saat ini masih sering digunakan walaupun beragam desain rumah modern banyak bermunculan. Keberadaannya yang  mengusung tema rumah zaman kuno ini menjadi  daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan banyak pasangan baru yang menggunakan jasa kontraktor bangunan untuk membangun rumah mereka  dengan desain klasik.

Tips Membangun Rumah Bertema Klasik

Jika ingin mendesain rumah dalam bentuk klasik, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar rumah klasik yang diinginkan tidak melenceng dari tema bangunan zaman kuno. Sebelum menghubungi kontraktor bangunan alangkah baiknya jika seseorang mendesain sendiri rancangan rumah yang diinginkan dengan langkah-langkah berikut

1.Tentukan Jenis Rumah Klasik yang Diinginkan

Rumah klasik memiliki banyak jenis diantaranya Bali, Joglo, Eropa, dan Jepang yang bisa menjadi pilihan menarik untuk model rumah klasik. Dalam menentukan jenis rumah klasik  usahakan sesuai dengan  lokasi rumah yang akan dibangun, agar tercipta keserasian antara bangunan dengan lingkungan sekitar. Kita bisa berkonsultasi pada jasa konstruksi yang lebih berpengalaman dalam membangun rumah sesuai dengan kondisinya.

2. Desain Interior dan  Eksterior

Desain interior yang paling menarik dari bangunan klasik adalah atapnya yang sangat tinggi, sehingga memberikan kesan rumah yang begitu luas di dalam ruangan. Jika ingin menciptakan rumah klasik yang indah, jangan mengabaikan sisi keunikan antara atap dengan dinding.

Baca Juga : Unik Nan Futuristik, Ini 5 Contoh Desain Rumah Masa Depan!

Sementara itu, desain eksterior yang khas dari rumah bertema klasik adalah halamannya yang sangat luas. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari rumah bertema klasik, karena dari luar terlihat kecil karena tertutupi oleh halaman yang luas. Namun ketika seseorang memasuki rumah ini maka akan melihat kesan megah dari setiap desain interiornya.

3. Pemilihan Warna

Pemilihan warna dalam membangun rumah bertema klasik sangat penting, karena warna tidak hanya berkaitan dengan keinginan pribadi pemiliknya namun harus sesuai dengan tema rumah klasik yang menjadi tujuan utama. Dalam hal ini rumah klasik biasa menggunakan warna yang kalem dan tenang, serta tidak mencolok, seperti cokelat ataupun putih

4. Menentukan Bahan Bangunan dan material

Rumah bergaya klasik sering menunjukkan sisi kunonya dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai material utama. Beberapa bahan yang sering digunakan seperti kayu berukuran besar sebagai meja, tiang, bahkan atap-atap ruangan. Terkadang juga menggunakan bahan batu alam dan marmer yang langka.

Namun seseorang tidak perlu khawatir kesulitan mendapat batu alam langka, karena jika menggunakan jasa konstruksi biasanya pemilik jasa tersebut sudah memiliki link terhadap toko-toko bangunan berkualitas yang menyediakan segala bentuk bahan bangunan

5. Memberikan Ornamen pada Beberapa Sudut Ruangan

Salah satu ciri khas dari rumah klasik adalah banyaknya karya seni yang dipasang pada setiap sudut ruangan, baik berupa patung, tempat lilin, dan beberapa ornamen khas zaman kuno lainnya. Namun jangan terlalu banyak memberikan ornamen pada setiap sudut, karena akan membuat rumah klasik terkesan seperti museum.

6.Pemilihan Lampu gantung

Pemasangan lampu gantung selain menambah kesan kuno pada ruangan,  juga memberikan tampilan yang mewah. Dalam pemilihan lampu gantung, juga harus disesuaikan dengan warna dan motif perabotan yang ada di bawahnya, misalnya meja atau kursi agar terjadi keselarasan.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang yang ingin membangun rumah dengan tema klasik. Dengan mengetahui langkah tersebut, sebaiknya seseorang menentukan terlebih dahulu desain sesuai langkah-langkah di atas. Setelah menentukan desain sendiri, barulah menghubungi jasa kontraktor bangunan untuk konsultasi lebih lanjut dalam membangun rumah klasik yang diinginkan.