Dalam mendekorasi suatu ruangan diperlukan suatu rencana dan persiapan yang sangat matang agar hasilnya bisa maksimal dan sangat memuaskan. Bagi anda yang belum berpengalaman di bidang pembangunan tak perlu khawatir karena saat ini terdapat banyak sekali jasa kontraktor bangunan yang akan membantu menciptakan suatu hunian dan ruangan yang kita inginkan. Mulai dari hunian bergaya tradisional hingga bergaya modern semuanya bisa diwujudkan dengan hasil yang memuaskan. Tentu salah satu piihan terbaik untuk anda adalah Wahana Cipta. Kami adalah perusahan kontraktor handal yang telah berpengalaman selama bertahun – tahun.

Berbicara terkait dunia kontruksi dan interior memang tidak akan pernah ada habisnya seperti yang sedang tren saat ini yaitu mengubah loteng yang ada di suatu hunian rumah menjadi ruangan yang bermanfaat, salah satunya digunakan untuk kamar tidur atau ruangan untuk bersantai bersama keluarga. Melihat tren tersebut sebenarnya bebarapa orang masih meragukan tentang kelayakan ruangan loteng itu sendiri, apakah layak atau tidak untuk dijadikan suatu ruangan.

Memanfaatkan loteng yang ada dirumah sebenarnya bukanlah suatu masalah apabila dalam proses pembangunannya dilakukan dengan cara yang tepat. Bahkan para jasa konstruksi bangunan saat ini sangat mendukung jika suatu bangunan area loteng rumah dijadikan suatu ruangan karena dianggap bisa memberi ruang lebih untuk rumah-rumah minimalis terutama untuk rumah yang hanya memiliki ukuran kecil. Dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada tentu akan menjadi keuntungan bagi para penghuni rumah, namun dalam proses penataannya harus dilakukan dengan cara yang tepat dan hati-hati agar tidak terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Inilah 5 Cara Tepat Memanfaatkan Loteng Rumah Untuk Menjadi Suatu Ruangan

Jika anda ingin memanfaatkan loteng menjadi suatu ruangan yang berguna maka sangat wajib bagi anda untuk melakukan cara-cara yang tepat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatiakan Ketinggian Atap

Hal pertama kali yang harus dilakukan saat ingin menjadikan loteng sebagai suatu ruangan yaitu dengan perhatikanlah ketinggian atapnya. Para jasa konstruksi pun mengungkapkan bahwa dalam pembuatan ruangan di suatu loteng harus didasari dengan ketinggian atap yang standar alias layak untuk dihuni.

2. Persiapkan Setiap Struktur Loteng Dengan Tepat

Sama halnya seperti membangun suatu ruangan pada umunya struktur ruangan harus dipersiapkan dengan sangat baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari material atap hingga bagian lantai semuanya harus dipastikan memiliki kualitas yang sangat baik dan sesuai dengan standar prosedur pembangunan. Hal ini sangat penting untuk menghindari ruangan pada loteng mengalami roboh atau kerusakan-kerusakan lainnya. Bila perlu gunakanlah material atap yang berkualitas seperti misalnya aluminium foil yang sangat terkenal dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Baca juga : Mengenal Kualifikasi Perusahaan Jasa Konstruksi

3.Hadirkan Beberapa Jendela dan Ventilasi Udara

Kebanyakan loteng yang ada dirumah biasanya tidak dilengkapi dengan ventilasi udara ataupun jendela karena dianggap sebagai suatu ruangan yang tidak terpakai. Namun saat anda memandaatkannya sebagai suatu ruangan misalnya kamar tidur maka sangat penting untuk mengahdirkan jendela dan ventilasi udara sehingga pada saat dihuni ruangan akan terasa nyaman dan sehat.

4. Perhatiakan Suhu Ruangan

Area loteng biasanya sangat identik dengan suhu yang panas karena merupakan bagian struktur bangunan yang berpapasan langsung dengan sinar matahari. Maka saat ingin menggunakan loteng menjadi suatu ruangan sebaiknya perhatikanlah terlebih dahulu suhu ruangan yang ada didalamnya, jika ruangan terasa panas anda bisa menggunakan alat pendingin ruangan seperti AC dan sejenisnya. Dan untuk membuatnya terasa semakin sejuk anda juga bisa menggunakan material-material khusus yang mampu menyejukan ruangan seperti aluminium foil pada atap dan lain sebagainya.

5. Gunakan Pelapis Lantai Untuk Menambah Kenyamanan

Hal yang tidak boleh sampai terlupakan yaitu adalah pelapis lantai seperti parket kayu atau jenis lantai vinyl. Pelapis lantai sangat diperlukan karena bisa membuat ruangan yang ada di loteng semakin nyaman dan terlihat lebih indah dan untuk dilihat. Selain itu penggunaanya akan mempermudah setiap orang dalam membersihkan area ruangan loteng yang terkadang jarang diperhatikan.