Saat musim hujan tiba, mayoritas orang resah karena khawatir rumah akan bocor lantaran atap yang tidak kokoh lagi. Tak heran menjelang musim hujan, banyak orang merenovasi atap rumah agar kenyamanan keluarga tidak terganggu saat musim hujan datang. Pasalnya jika atap bocor, banyak kerugian yang didapat seperti harus rajin membersihkan lantai yang terkena air hujan, aktivitas belajar anak terganggu dan membuat udara di dalam rumah semakin dingin.

Rumah memang penting sebagai tempat tinggal agar keluarga terlindungi dari berbagai macam bahaya. Untuk itulah renovasi atap diperlukan agar bangunan rumah tetap kokoh. Apalagi renovasi atap tidak memakan waktu lama, maka renovasi atap diperlukan secara berkala agar kerusakan tidak semakin lebar dan membutuhkan banyak biaya. Mengingat jenis atap berbeda-beda, maka renovasinya pun berbeda sehingga disesuaikan dengan jenis atap rumah.

Tips Merenovasi Atap Rumah

Terkadang orang menganggap sepele atap yang bocornya sedikit. Mereka cukup membetulkan posisi genting dengan cara sederhana tanpa merenovasi atap secara keseluruhan. Padahal menggunakan jasa orang yang ahli merenovasi atap sangat penting agar kebocoran teratasi sehingga tidak mengganggu aktivitas keluarga tatkala bocor. Apalagi renovasi atap juga memiliki tips cerdas agar kebocoran tidak terulang kembali, untuk itulah di bawah ini ada 5 tips yang dapat dijadikan acuan saat merenovasi atap, antara lain:

1. Memperhatikan Kemiringan Atap

Umumnya, bentuk atap adalah miring agar saat hujan aliran air hujan lancar menuruni atap. Maka sebelum merenovasi atap, wajib memperhatikan kemiringan atap agar renovasi tepat dan tidak terdapat kesalahan. Sayangnya, banyak orang yang tetap mengeluh atapnya bocor padahal desain atap sudah miring, untuk masalah itu sebaiknya menggunakan jasa kontraktor rumah agar masalah tersebut tidak terulang lagi.

2. Membersihkan Talang Air

Walaupun berada di atas,sering kali talang air kotor akibat adanya sampah dedaunan pohon yang ditanam di sekitar rumah sehingga membuat air hujan tidak dapat berjalan melewati talang air. Maka, usahakan membersihkan talang air secara berkala karena jika talang air tidak pernah dibersihkan memicu kebocoran rumah.

3. Menggunakan Waterproofing

Waterproofing atap

Pelapis dinding Waterproofing memang pilihan tepat menangani atap rumah yang bocor, apalagi kandungan bahan cat dinding tersebut anti air sehingga tidak merembes ke tembok. Tentunya tembok dan susana rumah tidak akan lembab walaupun musim dingin melanda dan suasana di luar rumah dingin. Sayangnya banyak orang tidak paham cara mengaplikasikan Waterproofing sebagai solusi atap rumah yang bocor, untuk itu sebaiknya bekerjasama dengan kontraktor bangunan agar masalah atap bocor teratasi sempurna.

Baca juga: Tips Renovasi Apartamen Agar Lebih Nyaman

4. Mengganti Genting Yang Rusak

Genting rumah sering kali retak atau pecah tatkala anda menginjak genting tersebut guna memperbaiki posisi genting. Untuk itu mengganti genting yang rusak dengan genting yang baru harus dilakukan agar tidak menimbulkan kebocoran dan genting tersebut mampu bertahan lama. Yang terpenting adalah teliti dan hati-hati saat mengganti genting rusak agar kerusakan tidak semakin luas.

5. Menggunakan Material Atap

Jasa konstruksi menjadi pilihan tepat menangani renovasi atap secara tepat. Pasalnya jasa tersebut menawarkan kualitas para pekerjanya sehingga mampu menangani beragam masalah rumah hingga tuntas. Sama halnya menangani atap yang bocor dengan memakai material atap seperti menggunakan plafon dan material lainnya sehingga lantai aman dari kebocoran dan keluarga tidak terganggu aktivitasnya.

Sebenarnya tips merenovasi atap masih beragam dan disesuaikan dengan desain rumah. Pasalnya kini desain rumah beragam dan unik-unik sehingga memebutuhkan renovasi yang berbeda-beda, namun kelima tips di atas dapat dijadikan acuan ketika merenovasi atap rumah.