Rumah tingkat menjadi salah satu jalan keluar di tengah semakin sempitnya lahan. Ini dapat menjadi solusi untuk tetap memiliki rumah yang lapang tanpa perlu bingung dengan lahan yang terbatas. Namun, membuat rumah tingkat tentu tidak perlu asal. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum mulai membangun rumah tingkat.

Untuk itu sebaiknya dalam pembangunannya dipilih kontraktor rumah yang terpercaya agar hasilnya menjadi maksimal. Tapi, tentu saja pihak pemilik juga harus mengerti sebenarnya hal apa yang harus dipertimbangkan saat akan membangun rumah tingkat? Berikut beberapa di antaranya.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pembangunan Rumah Tingkat

Ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan saat akan membuat sebuah rumah tingkat. Berbagai hal ini turut berperan dalam keberhasilan pembangunan tersebut. Penasaran hal-hal apa saja yang harus menjadi pertimbangan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Mempertimbangkan Kekuatan Pondasi

Pertimbangan pertama jatuh dari kekuatan pondasi. Harus dipahami jika tidak semua pondasi kuat untuk dijadikan rumah tingkat. Untuk itu perlu dilakukan pengujian guna memastikan apakah pondasi tersebut dapat digunakan menahan beban rumah tingkat atau tidak.

Umumnya untuk rumah tingkat diperlukan pondasi dengan kedalaman minimal 90 cm. Selain itu mutu pondasi juga harus dipertimbangkan. Salah satu cara mengecek mutu pondasi adalah melalui pengujian menggunakan pahat beton. Pengujian ini utamanya untuk rumah lama yang akan diubah menjadi rumah tingkat

2. Kolom Struktur Rumah

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kolom untuk rumah bertingkat. Bagi rumah lama yang akan diubah menjadi rumah bertingkat perlu dilakukan pengujian. Tujuannya suapaya mengetahui kapasitas kolom apakah struktur kuat menahan beban atau tidak.

Sedangkan untuk rumah baru yang akan dibangun langsung menjadi rumah bertingkat. Perlu juga diperhatikan masalah kolom struktur yang akan diterapkan. Pengujian serta pemasangan kolom struktur rumah ini sebaiknya serahkan pada kontraktor bangunan yang terpercaya.

3. Daerah Basah di Lantai 2

Membangun rumah tingkat tidak hanya berkutat pada persiapan pra pembangunan saja. Namun juga harus disiapkan terkait dengan kondisi saat bangunan tersebut telah berdiri. Salah satu yang harus disiapkan adalah terkait dengan penempatan daerah basah untuk lantai 2.

Baca juga: 5 Langkah Tepat dalam Perencanaan dan Pembangunan Gudang

Mempersiapkan daerah basah menjadi suatu hal penting yang harus dirancang dengan baik. Pasalnya ada beberapa komponen dalam daerah basah yang ahrus diperhatikan. Mulai dari pemasangan pipa, mekanisme saluran pembuangan, sampai dengan cara pencegahan agar air dari daerah basah tidak merembes ke bawah.

4. Model Rumah

Ada banyak contoh yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih model rumah tingkat terbaik. Mempertimbangkan masalah model tentu penting dilakukan. Mengingat hal ini berpengaruh nantinya pada keseluruhan rumah.

Pertimbangan model yang dimaksud di sini adalah model secara keseluruhan. Misalnya model tampilan interior rumah, lalu tampilan depan rumah sampai dengan konsep yang akan dipakai pada rumah tersebut.

5. Pemilihan Material Bangunan

Material bangunan dalam rumah tingkat menjadi suatu hal yang penting. Ini berhubungan dengan kualitas serta kekuatan rumah tersebut nantinya. Pertimbangkan material yang akan digunakan tidak hanya untuk material dasar bangunan seperti material untuk bangunan maupun plat rumah.

Lakukan juga pertimbangan untuk material di dalam rumah nantinya. Seperti material untuk tangga rumah, hingga material lantai yang dirasa cocok dan sesuai dengan model rumah secara keseluruhan serta berbagai material lain.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat sebuah rumah tingkat. Tak hanya membutuhkan pertimbangan yang matang. Selain mempertimbangkan berbagai hal di atas, dalam pengerjaan rumah tingkat juga dibutuhkan kontraktor rumah yang berpengalaman. Ini untuk memastikan rumah tingkat yang akan dibangun memiliki hasil terbaik. Anda bisa mempercayakan Wahana Cipta untuk menangani hal tersebut. Kami adalah kontraktor handal yang sudah berpengalaman sejak tahun 1992.