Merencanakan pembangunan gudang baik untuk penyimpanan barang industri, pribadi dan lain sebagainya tentu harus dilakukan dengan matang. Ketika perencanaan sudah dilakukan dengan sesuai, pembangunannya pun tentu tidak akan jauh dari kebutuhan.

Meskipun demikian, tidak semua kalangan tahu bagaimana langkah tepat dalam melakukan pembangunan gudang ini. Tentunya hanya orang yang memang bergelut di bidang kontraktor gudang seperti Kami lah yang lebih paham. Terlebih jika gudang difungsikan untuk sarana industri. Lantas sebenarnya, bagaimana sih langkah dalam perencanaan dan pembangunan gudang tersebut?

Pembersihan Area

Langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika melakukan pembangunan warehouse ini adalah dengan pembersihan area. Biasanya, proses ini dinamakan juga dengan proyek land clearing area. Pembersihan ini dimaksudkan untuk menetralisir segala material atau penghambat saat pembangunan dilakukan nantinya.

Pembersihan area pun bukan hanya sekadar membersihkan material-material yang tidak perlu saja, namun juga persiapan pembangunannya. Persiapan ini bisa berupa mencari dan menetapkan  sumber air, pembuatan toilet, pembuatan tempat-tempat krusial untuk para pekerja termasuk listrik dan lain sebagainya.

Persiapan Bahan Bangunan

Setelah pembersihan area dilakukan, Anda bisa masuk pada langkah selanjutnya yang tidak lain adalah mempersiapkan  semua barang yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan pembuat bangunan sudah lengkap dan mencukupi agar proses pembangunannya tidak terhambat. Dari mulai beberapa material seperti pasir, semen, split dan bahan lainnya hingga materi seperti uang pun harus diperhatikan.

Begitu juga dengan desain gudang yang harus dipersiapkan dan disesuaikan. Anda bisa memintanya kepada pihak jasa kontraktor Wahana Cipta. Jika desain tidak sesuai, tentu perencanaan pun akan berantakan dan waktu pengerjaan menjadi molor sehingga gudang yang diinginkan tidak akan cepat selesai.

Menentukan Titik Tiang Pancang

Langkah selanjutnya yang penting sekali untuk dilakukan adalah menentukan titik pemasangan tiang pancang. Biasanya, Anda akan membutuhkan sebuah alat ukur seperti teodolit dengan menentukan titik patokan awal pembuatan tiang. Untuk memudahkan, bisa juga menggunakan patokan pada batas gedung yang sudah ada sebelumnya.

Baca ini juga: Solusi Tepat Membangun Rumah Tipe 45 Yang Kokoh

Sebaiknya, proses penentuan titik pancang ini dilakukan secara bersamaan dari mulai owner, kontraktor, hingga pelaksana proses pembangunan. Untuk itu, penting sekali mempersiapkan segala dokumentasi dalam menyiapkannya.

Mulai Proses Pembangunan

Proses Pembangunan

Setelah penentuan tiang pancang sudah dilakukan, maka Anda bisa mulai melakukan proses pembangunan gudang yang dibutuhkan. Dari mulai membuat rangka tiang pancang, dan juga proses pembangunan lainnya. Sebaiknya buatlah ruangan yang memang mempunyai fungsi efisien dalam hal penggunaannya.

Pemilihan tipe bangunan juga harus dipertimbangkan, misalnya pada pemasangan lantai seperti lantai mezzaine yang biasanya paling baik dipersiapkan untuk proses pembangunan gudang. Selain pemilihan lantai, pemasangan pallet tracking juga seharusnya bisa diaplikasikan pada pembangunan gudang jenis apapun. Hal ini untuk memaksimalkan kondisi dan struktur yang optimal.

Evaluasi Berkala

Anda sudah masuk pada tahap pembangunan? Maka jangan biarkan pembangunan dilakukan tanpa adanya evaluasi secara berkala dan terstruktur. Evaluasi penting dilakukan untuk menilai sejauh mana perencanaan dan pembangunan gunang terealisasi dengan sesuai dan tepat. Anda bisa meminta kontraktor bangunan untuk membuat sebuah laporan.

Laporan tersebut pun bisa dibuat dengan beragam jenis. Beberapanya seperti laporan untuk pengeluaran barang, pembelian barang baru, daftar hadir para pekerja, hingga sejauh mana progress pembangunan sudah dilaksanakan.

Dengan memerhatikan beberapa langkah tersebut, tentu pembangunan gudang bukan tidak mungkin akan berlangsung secara optimal. Tentunya, hal tersebut pun bisa memberikan value yang baik untuk perencanaan pembangunan Anda.