Memiliki rumah yang kokoh pastinya menjadi idaman setiap orang. Bagaimana tidak, rumah adalah tempat di mana para penghuninya bisa beristirahat dan berteduh dari cuaca tak mendukung seperti panasnya terik matahari dan derasnya air hujan. Tentunya para penghuni menginginkan untuk bisa tinggal dan menempati rumah tersebut selama bertahun – tahun dan dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, penting untuk memiliki rumah yang kokoh untuk menjamin keamanan.

Cara Membangun Rumah Tipe 45 Yang Kokoh

Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membangun rumah yang kokoh sehingga hal seperti ini sering kali diabaikan. Daripada berupaya mencari tahu bagaimana caranya, sering kali orang – orang hanya bisa pasrah dan mempercayakan pembangunan sepenuhnya kepada kontraktor bangunan. Padahal informasi seperti ini juga tak kalah pentingnya karena nantinya bisa berguna untuk mengarahkan pekerja bangunan.

Begitu pula dengan para penghuni rumah tipe 45. Karena pada umumnya orang – orang tersebut membeli rumah yang langsung jadi. Maka, mereka tidak ingin tahu bagaimana cara membangun rumah yang kokoh. Rumah tipe 45 sebenarnya merupakan rumah minimalis dengan luas bangunan sekitar 45 meter persegi. Saat ini cukup banyak orang yang berkeinginan untuk memiliki rumah tipe ini karena harganya yang cukup terjangkau dan bisa didapatkan oleh semua golongan. Bagaimana cara membangun rumah tipe 45 yang kokoh? Yuk, simak!

Solusi Tepat Membangun Rumah Tipe 45 Yang Kokoh

Membuat Rancangan Bangunan

Rancangan bangunan adalah langkah awal yang perlu dipersiapkan sebelum membangun rumah. Biasanya hal seperti ini dimulai dengan mempertimbangkan kualitas bahan bangunan yang akan digunakan, pemilihan kontraktor bangunan atau arsitek yang terpercaya. Karena rancangan bangunan pada umumnya perlu diwujudkan dengan membuat gambar kerja dan perhitungan luas lahan yang akan digunakan secara detail. Maka, jika kamu tidak memiliki pengetahuan memadai untuk membuat rancangan bangunan yang jelas. Gunakanlah jasa kontraktor dan arsitek kemudian minta mereka untuk menghitung dan menggambarnya.

Silahkan baca: Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis Untuk Hunian Anda

Ciptakan Pondasi Yang Kuat

Setelah rancangan bangunan berhasil dibuat, hal yang tak kalah pentingnya lagi adalah menciptakan pondasi yang kuat. Seperti yang kita ketahui, pondasi adalah jaminan bangunan yang kokoh karena berfungsi untuk bisa menahan struktur bangunan. Membangun pondasinya tentunya tidak sembarang. Bangunan pondasi harus disesuaikan dengan kriteria dan ukuran tanah yang telah direncanakan pada rancangan bangunan sebelumnya. Adapun, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun pondasi adalah membuat struktur penahan tanah, pematokan dan pengukuran tanah, pekerjaan tiang pancang, dan yang terakhir yaitu pembuatan lantai kerja.

Membangun Beton Yang Kuat

Sama seperti pondasi, beton juga berfungsi untuk bisa menyangga bangunan rumah. Karena rumah tipe 45 memiliki ukuran yang minimalis, maka bukan berarti beton yang digunakan harus kecil juga. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kualitas untuk bisa menyangga rumah dengan sempurna supaya tidak akan hancur sekalipun terkena gempa. Kontraktor bangunan profesional yang telah berpengalaman pastinya mengerti bagaimana trik untuk membangun beton yang kuat.

Artikel menarik lainnya: 4 Manfaat Jasa Kontraktor Pabrik Kelapa Sawit

Tetapi setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas beton. Yaitu, kualitas bahan pembentuknya seperti semen dan pasir. Kedua bahan bangunan ini adalah bahan dasar pembentuk beton. Maka, pastikan kamu memilih kualitas terbaik dan pastikan juga keduanya memiliki sifat yang dapat saling mengikat. Ikatan atau rekatan antara pasir dan semen yang sempurna tentunya akan menghasilkan beton yang kuat. Jika tidak, bisa dipastikan beton akan mudah retak, keropos, bahkan hancur di sebelum waktunya.