Saat ini trend rumah yang sedang banyak digandrungi oleh orang-orang terlebih para milenial adalah rumah minimalis. Jika anda juga tertarik untuk memiliki rumah minimalis ini ada beberapa pilihan yang bisa anda ambil. Pilihan pertama adalah anda bisa membeli rumah yang sudah jadi sehingga anda hanya perlu menempati rumah tersebut. Pilihan kedua adalah membangun rumah sesuai dengan keinginan anda. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika memilih membangun rumah minimalis anda diantaranya adalah kontraktor rumah minimalis yang sesuai atau menggunakan sistem borongan.

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

Pilih Sistem Borongan atau Kontraktor Rumah Minimalis

Perbedaan menggunakan sistem borongan dengan kontraktor adalah dari persiapan yang harus anda siapkan. Jika anda menggunakan sistem borongan maka anda harus menyiapkan dana lebih untuk membayar desain rumah anda karena biasanya pada sistem borongan tidak menyediakan arsitek. Sedangkan pada sistem kontraktor rumah minimalis biasanya menyediakan arsitek dan sudah dalam satu paket dengan kesepakatan yang disetujui. Anda yang lebih menyukai pekerjaan yang terstruktur dan percaya pada orang-orang yang tersertifikasi lebih baik menggunakan jasa kontraktor dikarenakan pekerja yang dimiliki oleh kontraktor ini sudah memiliki sertifikasi. Jaminan keamanan dari kontraktor rumah minimalis juga lebih jelas dikarenakan penyedia jasa ini sudah merupakan badan hukum. Akan tetapi jika anda percaya pada pengalaman maka membangun dengan sistem borongan bisa anda pilih karena pekerjanya sudah berpengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek yang ada.

Memperhitungkan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Langkah selanjutnya adalah memperhitungkan biaya yang harus anda keluarkan dalam membangun rumah minimalis impian anda. Memperhitungkan biaya yang harus anda keluarkan merupakan salah satu hal penting dalam membangun rumah baik menggunakan sistem borongan atau menggunakan jasa kontraktor rumah minimalis. Hal ini dilakukkan agar tidak ada nya kehabisan dana di tengah proyek sehingga pembangunan rumah ini menjadi terganggu. Jika anda menggunakan jasa kontraktor maka perhitungan ini bisa anda diskusikan sebelum memulai pekerjaan dan menanda tangani proyek pembangunan.

Baca juga: Mengenal Kualifikasi Perusahaan Jasa Konstruksi

Memilih Kontraktor Rumah Minimalis Yang Tepat

Anda sudah mantap untuk menggunakan jasa kontraktor rumah minimalis? Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah memilih kontraktor yang tepat untuk rumah impian anda. Kontraktor yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan proyek biasanya memiliki portofolio yang bisa anda pertimbangkan. Dari portofolio yang diberikan, anda dapat mempertimbangkan apakah kontraktor tersebut cocok dengan konsep rumah yang akan anda buat. Pelajari juga perjanjian yang akan anda lakukan dengan kontraktor rumah minimalis sehingga saat proyek sudah berjalan tidak ada kesalahpahaman antara dua pihak. Terlebih mengenai dana dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan rumah anda.

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin membangun rumah minimalis tentu berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini bergantung pada desain dan luas rumah yang diinginkan. Akan tetapi secara umum perhitungan pembuatan rumah bisa di hitung sesuai dengan luas tanah yang akan dijadikan bangunan.

  • Luas Bangunan 100 m2 : Untuk membangun rumah dengan luas bangunan ini anda memerlukan biaya berkisar 300 sampai 350 juta
  • Luas Bangunan 101 m2 -300 m2 : Biaya yang harus anda keluarkan berkisar pada 325 sampai 375 juta.
  • Luas Bangunan lebih dari 300 m2 : Biaya yang harus anda keluarkan berkisar pada 350 sampai 400 juta.

Biaya –biaya diatas tentu saja bisa berubah tergantung dengan kesepakatan anda dan pihak kontraktor rumah murah. Jika anda ingin menekan dana dalam pembuatan rumah minimalis anda, maka hal ini bisa anda diskusikan dengan pihak kontraktor sehingga bisa tercapai kesepakatan antar kedua pihak.