Ketika anda membangun rumah bersama sebuah perusahaan kontraktor yang mumpuni maka secara otomatis anda akan mendapatkan banyak bantuan. Pihak mereka umumnya terdiri dari beberapa tenaga ahli di bidang konstruksi.

Paling tidak perusahaan semacam itu akan mempunyai tenaga konsultan bangunan, arsitek, pelaksana (dengan latar belakang pendidikan ilmu teknik sipil) dan tim pekerja.

Beruntung bagi anda yang tinggal di DKI Jakarta. Di kota ini anda tentu bisa menikmati keuntungan tersendiri yang mana terdapat banyak kontraktor yang sangat layak diandalkan. Layanan dari kontraktor Ibukota pun cenderung lengkap.

Namun pada dasarnya di setiap daerah tentu layanan dari jasa tersebut sama saja. Dari beberapa tenaga ahli tadi bisa kita ketahui bahwasanya secara garis besar kontraktor akan memberikan 3 layanan.

3 Layanan Dari Jasa Kontraktor

1. Konsultasi Pembangunan

Jika anda tergolong awam terkait urusan pembangunan rumah anda tidak perlu berkecil hati. Jangan juga malu untuk menghubungi pihak kontraktor dan menyampaikan keinginan anda untuk mendirikan sebuah hunian idaman.

Justru tindakan anda tersebut adalah langkah bagus. Dengan menghubungi mereka baik dengan cara menelpon atau datang langsung ke kantornya anda sudah membuka diskusi awal yang akan mengantarkan anda pada layanan konsultasi.

Di layanan ini anda akan diajak berbincang dengan seorang konsultan bangunan. Tenaga ahli ini punya kecakapan khusus untuk membantu anda merencanakan pembangunan gedung hunian.

Hal mendasar yang tak boleh terlewatkan anda sampaikan adalah seputar budget dan model rumah seperti apa yang anda harapkan. Dari hal tersebut konsultan akan memberikan saran serta beberapa opsi pembangunan yang memungkinkan bagi budget anda.

Dengan wawasannya tenaga profesional ini mampu menentukan sistem kerja yang nantinya cocok anda terapkan bersama kontraktor serta membantu anda dalam menyusun rencana anggaran belanja material.

Baca juga: “3 Sistem Kerja Kontraktor Bangunan

2. Merancang Desain Arsitektur Rumah

Melanjutkan konsultasi pembangunan yang telah selesai anda lakukan, anda akan dipertemukan pada seorang arsitek. Jadi pada layanan ini anda kemudian bisa mendapatkan gambar desain arsitektur rumah impian anda.

Disini konsultan pun masih terlibat. Bersama sang Arsitek sekarang ia akan membimbing anda supaya desain rumah yang didapatkan secara sempurna memiliki nilai – nilai kenyamanan. Sebaiknya bila dinilai tidak tepat, hindari konsep arsitektural rumah yang terlalu dipaksakan.

Mungkin anda punya banyangan sendiri soal bentuk rumah anda saat telah berdiri. Namun belum tentu bentuk tersebut baik untuk direalisasikan.

Pada intinya anda tetap bisa mengutarakan keinginan anda. Lalu arsitek pun pasti akan tetap berusaha untuk memberikan rancangan desain rumah terbaik hingga anda merasa puas.

3. Melaksanakan Proyek Pembangunan

Inilah layanan inti dari jasa kontraktor. Proyek pembangunan dimulai saat semua persiapan sudah fix. Tindakan ini dikerjakan oleh para pekerja konstruksi. Tim ini dipimpin oleh seorang penanggung jawab proyek.

Alur kerja yang dilaksanakan dimulai dengan membentuk pondasi terlebih dulu. Pondasi sendiri dibangun berdasarkan layout pembatas ruangan yang telah digambar oleh arsitek. Layout tersebut sekaligus merupakan letak pendirian tembok nantinya.

Biasanya pekerjaan membuat pondasi juga dibarengi dengan pembuatan rangka besi untuk beton bertulang yang tak lain berfungsi sebagai struktur utama gedung. Barulah ketika sudah ada pondasi dan rangka besi tadi disusun di atasnya, dinding pun mulai didirikan.

Dalam prosesnya setelah progress pengerjaan dinding mencapai ketinggian tertentu pengecoran beton bertulang dilakukan. Pekerjaan semacam itu terus berlanjut hingga pembentukan struktur atap.

Projek pembangunan ini baru dinyatakan selesai sampai bangunan rumah secara keutuhan sudah berdiri  sesuai kesepakatan pada kontrak kerja.